Kali ini saya akan berbagi tips dalam membeli tanah kavling maupun jenis tanah yang lain agar anda tidak tertipu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab:

 Jika anda melihat iklan di mana  dan dalam bentuk apa saja maka anda bisa langsung cek lokasinya
  1. Kalau anda tidak dapat lokasinya langsung maka cobalah telpon nomor yang bisa dihubungi untuk cek lokasi
  2. Pada saat cek lokasi maka usahakan tidak menjawab pertanyaan penjual tentang pekerjaan anda, alamat tempat tinggal anda dan lain-lain tentang diri anda. Tipsnya anda harus aktif bertanya. Ini untuk menghindari penjual yang punya niat tidak baik membaca anda karena biasanya penipu akan bertanya tentang diri kita untuk mengetahui apakah kita bisa di bodohi atau tidak.
  3. Pada saat cek lokasi maka periksalah daerah sekitar maksimal radius 50-100 meter untuk mengecek ada tidaknya patok.
  4. Kemudian tanyakan apakah surat-surat lengkap apa tidak, kalau di perlihatkan fotokopian, maka berpikir lah kembali atau langsung pergi dengan mengatakan saya mau ketemu orang atau apalah
  5. Jika di minta KTP jangan pernah diberikan jika belum pasti anda beli karena di pertemuan awal biasanya langsung diminta KTP karena KTP hanya digunakan untuk pengurusan surat2.
  6. Jangan pernah bilang saya ingin beli ini tanah pada saat pertemuan pertama, bilang saja saya pikir dulu minta waktu 3 hari atau 1 minggu. Waktu itu anda gunakan untuk cek n ricek kembali status tanah itu
  7. Jika ada yang menawarkan tanah dengan hanya memperlihatkan fotokopian surat-surat maka berhati-hatilah
  8. Hindari membeli tanah dengan perantara atau orang yang dikuasakan
  9. Berhati-hatilah juga dengan iklan yang menawarkan gratis surat-surat, sebaiknya surat-surat anda urus sendiri.
  10. Anda juga jangan terpukau dengan penampilan, atau cara berbicara, dan ingat jangan memberi janji bahwa anda akan hubungi 3 hari lagi, sebaiknya anda katakan saja saya mau pikir-pikir dulu. Karena penipu kalau di tipu itu marahnya luar biasa lebih galak bro dan anda bisa ditekan dan ditakut-takuti.

Sekian dulu mudah-mudahan bermanfaat terima kasih