Hosting Unlimited Indonesia

Dalam suatu mekanisme pasar tak seorang pun yang menaruh perhatian pada 3 masalah pokok ekonomi, melainkan  pembeli dan penjual masuk pasar dengan maksud menetapkan harga dan jumlah. Melalui mekanisme pasar pembeli dan penjual bertemu dan berinteraksi untuk memecahkan 3 masalah pokok ekonomi (apa, bagaimana, untuk siapa). 

  1. Barang apa yang akan diproduksi ditentukan oleh hak memilih dalam nilai rupiah yang dimiliki konsumen, yang dilakukan setiap hari untuk membeli barang tertentu dan bukannya barang lain. Uang yang mereka berikan pada akhirnya menggambarkan gaji, pendapatan sewa atau tunjangan jabatan yang diterima konsumen setiap bulan. Selanjutnya perusahaan yang di dorong oleh keinginan memperoleh keuntungan tertarik untuk memproduksi barang-barang yang banyak diminta untuk menghasilkan keuntungan besar dan melepaskan untuk tujuan tadi. Dengan demikian keputusan perusahaan mengenai biaya dan penawaran, bersama permintaan konsumen membantu menyelesaikan masalah WHAT.
  2. Bagaimana barang-barang diproduksi, ditentukan oleh persaingan di antara produsen. Satu-satunya cara bagi produsen untuk memenangkan persaingan harga dan maksimisasi keuntungan adalah mempertahankan biaya pada tingkat minimum dan hal ini harus dilakukan dengan metode produksi yang efisien.
  3. Bagi siapa barang-barang diproduksi ditetapkan oleh permintaan dan penawaran di pasar atas faktor-faktor produksi. Pasar ini menetapkan tingkat upah, sewa tanah, suku bunga, dan tingkat keuntungan yang akhirnya akan membentuk jumlah pendapatan masyarakat. Dengan demikian distribusi pendapatan masyarakat ditetapkan oleh jumlah faktor produksi dan harga faktor produksi.