Hosting Unlimited Indonesia

Problem of Economic Organization

  1. What kinds and quantities shall be produced of all possible goods
  2. How economic resources shall be used in producing these goods.
  3. For whom the goods shall be produced.

Penjelasan.

Masalah-masalah organisasi ekonomi:

  1. Barang-barang apa yang harus diproduksi dan berapa banyak. Persoalan ini mengenai alokasi sumber yang langka diantara berbagai kemungkinan penggunaan, dinamakan allokasi sumber daya. Setiap perekonomian harus mempunyai mekanisme untuk membuat keputusan mengenai persoalan alokasi sumber daya. Dalam perekonomian pasar bebas, kebanyakan keputusan mengenai alokasi sumber daya dibuat melalui sistim harga. Dalam sistim lain, lebih banyak keputusan dibuat oleh perencana pusat.
  2. Bagaimana sumber daya ekonomi akan digunakan di dalam memproduksi barang-barang ini. Dengan metode yang mana yang harus dilakukan, kriteria yang umum adalah menghindarkan metode yang tidak efisien.Dengan demikian hasil yang dicapai juga maksimum.
  3. Untuk siapa barang-barang akan diproduksi. Barang-barang diproduksi sudah jelas untuk para konsumen dimana para konsumen ini menginginkan kepuasan dalam menggunakan barang-barang tersebut. Masalah-masalah ekonomi yang lain adalah bagaimana cara pembagian barang yang dihasilkan diantara anggota masyarakat, apakah sumber daya bangsa dimanfaatkan sepenuhnya atau apakah sebagian menganggur dan terbuang percuma, apakah tenaga beli dari uang dan tabungan konstan atau berkurang karena inflasi, dan apakah kemampuan perekonomian untuk menghasilkan barang bertambah atau tetap sama dari waktu ke waktu.