Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang bersedia dibeli orang dari seorang penjual pada suatu harga tertentu sedangkan penawaran ialah jumlah barang dan jasa yang akan dijual oleh penjual untuk suatu harga tertentu. Sehingga muncul hukum permintaan dan penawaran yang menjelaskan mengapa penjual sepatu menjual lebih mahal untuk sepatu bermereknya dan mengapa pembeli mau membeli barang yang ditawarkan oleh penjual.

Hukum permintaan : Apabila harga naik maka permintaan akan barang tersebut cenderung menurun dan sebaliknya jika harga turun maka permintaan barang tersebut cenderung naik.

Terus yang menjadi pertanyaan bagaimana jika permintaan turun bagaimana dengan harga. jika kita melihat hukum permintaan diatas maka jawabannya adalah harga naik karena Apabila harga naik maka permintaan akan barang tersebut cenderung menurun tetapi jawabannya tidak seperti itu. Hukum permintaan patokannya adalah harga sedangkan pertanyaan diatas patokannya adalah permintaan dan tidak mengikuti hukum permintaan. Sebenarnya ketika permintaan turun maka harga akan turun, sampai disini ketika harga turun maka berlakulah kembali hukum permintaan dimana permintaan cenderung akan naik karena hukum permintaan yang menjadi patokan adalah harga.

Hukum penawaran : Apabila harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan cenderung meningkat dan jika harga turun maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan cenderung turun.

Baik hukum permintaan maupun penawaran memakai asumsi ceterisparibus yaitu semua hal dianggap tetap kecuali harga.